Senin, 17 September 2012

Manfaat Olahraga



MANFAAT OLAHRAGA
Cara yang satu ini adalah cara yang paling jitu untuk memperlengkap dalam hidup sehat.
Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dengan sengaja untuk mendapatkan jasmani yang sehat dan segar. Dalam kegiatan olahraga sebaiknya kita mengeluarkan keringat. Kecuali pada kegiatan olahraga-olahraga tertentu. Keringat dalam tubuh kita berfungsi sebagai pendingin suhu dalam badan kita. Nah kalau keringat keluar juga berarti sisa metabolisme dalam tubuh kita juga terbantu untuk keluar dari tubuh.
Namun pasti ada yang harus kita lakukan sebelum langsung melakukan olahraga yang sehat. Kondisi fisik yang fit akan mempermudah kita dalam menjalani olahraga. Pemanasan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan olahraga. Sebaiknya pemanasan dilakukan 5-10 menit sebelum olahraga. Fungsi dari pemanasan sendiri adalah agar urat dan sendi-sendi pada tubuh kita tidak kaget pada saat kita melakukan olahraga yang berat sekalipun. Jika kita tidak melakukan pemanasan banyak resiko yang akan kita dapat, contohnya kita akan cepat cape dan akan mengalami salah urat jika sebelumnya tidak melakukan peregangan.
Sekarang kita bicarakan tentang manfaat atau fungsi dari kegiatan olahraga sendiri. Kalau manfaat sih pasti banyak banget ya, dari ujung kaki sampai kepala juga merasakan manfaat dari olahraga tersebut. Contohnya :
ü  Mengurangi stress
Olahraga dilakukan pada saat kita keluar dari aktivitas yang rumit dan itu adalah salah satu cara kita untuk sejenak membuat tubuh kita segar kembali. Walaupun olahraga memerlukan energi yang cukup tetapi setelah melakukan olahraga rasa stress dan penat kita hilang.
ü  Meningkatkan energi tubuh
Dengan olahraga secara teratur maka kita mendapat suplai energi yang maksimal. Segala makanan yang kita makan dapat dibakar dengan mudah oleh tubuh, sehingga tubuh memiliki cadangan energi yang banyak. Dapat dilihat dengan kasat mata orang yang rutin berolahraga dengan yang tidak. Disitu kita dapat menyimpulkan bahwa dengan olahraga kita akan bugar dan dapat menjalani hari-hari dengan sehat.
ü  Meningkatkan daya tahan tubuh
Melakukan olahraga dalam tubuh dapat mempengaruhi hormon yang ada didalam tubuh untuk menghasilkan sesuatu. Contohnya hormon adrenalin, hormon tersebut adalah hormon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.
ü  Mengurangi resiko penyakit
Olahraga dapat mengurangi dan memperlambat perkembangan penyakit dalam tubuh kita, karena makin kuatnya sistem kekebalan tubuh kita. Contoh penyakitnya darah tinggi, diabetes, kolesterol, osteoporosis, hingga kanker payudara. Penyakit-penyakit tersebut termasuk penyakit yang sulit untuk diobati. Nah jika kita tidak mau atau sudah divonis mengidap penyakit tersebut rutinlah berolahraga yang akan mengurangi pertumbuhan penyakit.
ü  Membakar lemak
Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat olahraga-olahraga sangat membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita. Tetapi olahraga untuk membakar lemak ini harus dilakukan secara rutin dan agak lama waktunya agar lebih baik hasilnya. Dengan olahraga juga kita dapat mengurangi atau menjaga berat badan kita tetap ideal.
ü  Terjauh dari Insomnia
Olahraga secara teratur membuat kita mudah tidur dan lelap. Karena telah terkurasnya energi kita. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan dan menjaga produktivitas dan emosi kita.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan setelah olahraga :
1.     Janganlah menekuk kaki setelah melakukan olahraga
2.     Jangan langsung mandi
3.     Jangan langsung tidur
4.     Jangan minum minuman dingin

0 komentar:

Posting Komentar