Selasa, 28 Agustus 2012

Vegetarian



Menjadi Vegetarian tidak hanya untuk program kesehatan tapi bisa untuk program diet juga loh. Yuk lanjut baca.

Pertama kita harus tahu apa saja manfaat menjadi seorang vegetarian.

ü  Mencegah kegendutan atau obesitas.
Vegetarian pastilah menjauh dari makanan yang berbau daging-dagingan. Karena dalam daging, misalnya daging ayam walaupun terdapat protein tetapi ada juga lemak jenuh yang dapat membuat badan kita gendut atau obesitas. Ada cara jitu nih.
Pertama dengan kita mengganti lauk kita menjadi sayuran yang kaya akan protein kita dapat menjauh dari daging-dagingan. Contoh nya mengkonsumsi kentang. Kentang kaya dengan protein dan karbohidrat yang dapat membuat kita kenyang dan tidak lapar.

ü  Mencegah penyakit kanker
Penyakit kanker bukanlah penyakit yang ringan. Bahkan telah banyak korban dari penyakit ini. Menjadi vegetarian dapat meminimalkan sel kanker sejak dini.  Suatu studi di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, AS membuktikan dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau 35 % menghindari sel kanker. Kubis adalah salah satu sayuran yang dapat menekan sel kanker hingga 49%. Lumayan kan, dari pada kita harus mengeluarkan sekian banyak uang hanya untuk penyakit kanker.

ü  Mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh
Menjadi vegetarian pantang untuk mengkonsumsi daging dan wajib untuk mengkonsumsi sayuran dan buah, dalam sayuran sangat banyak terdapat protein nabati. Taukah kamu bahwa protein nabati yang dihasilkan oleh buat dan sayur dapat menekan kadar kolesterol yang telah ada di dalam tubuh.

ü  Menghemat Pengeluaran
Biasanya harga daging lebih mahal dari pada harga sayuran. Selain murah sayuran dapat ditemukan dengan mudah dimana saja.


: Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan menentukan kesehatan kita sekarang dan yang akan datang. Demi kesehatan tubuh kita, kita selalu disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran terutama sayuran berwarna hijau tua  karena mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Namun akan sangat disayangkan bila kita salah memasak sayuran hijau tersebut sehingga mengakibatkan gizi dan mineral dalam syuran hijau tersebut akan menguap sia-sia
 
Caranya :

-         Cucilah sayuran sebelum dimasak pada air mengalir
-         Usahakan sayuran dipotong setelah dicuci
-         Sayuran juga dapat dicuci dengan air hangat
-         Masak sayuran di panci steinless
-          Memasak sayuran jangan hingga sayuran layu, karena vitamin yang terkandung akan hilang.


v Selain manfaat-manfaat diatas ternyata sayuran juga dapat memelihara kecantikan kulit dan wajah para wanita loh. Contohnya saja dengan memakan buah dan sayur hijau secara terus menerus wajah kita akan terkihat segar dan cerah. Selain itu kulit kita juga terlihat lebih berkilau. Untuk lebih menyempurnakan kecantikan kita dapat mengkonsumsi sayuran dan buah yabg mengandung vitamin a. Yang dapat memperindah mata kita.
v Menjadi vegetarian bukan tidak memperbolehkan anak usia dini untuk melakukannya, tetapi biasanya anak-anak masih sangat membutuhkan protein hewani dari beberapa daging-dagingan untuk proses pertumbuhan. Tapi jika anak usia dini akan diajarkan untuk menjadi vegetarian bisa nih kita akalin supaya anak-anakl lebih suka sayuran atau buah dibandingkan daging olahan. Kita bisa membuat makanan yang menarik dari sayur-sayuran yang dapat menggugah si anak untuk dapat menikmati menjadi vegetarian.

Kerugian :
Apakah ada kerugian menjadi vegetarian ? tentu saja apapub yang kita lakukan pasti ada kerugiannya. Kerugiannya yaitu seorang vegan pastilah kekurangan protein hewani karena meraka menjauh dari daging, ikan, telur, dll. 

0 komentar:

Posting Komentar